Pacitan – Sabtu (14/9), Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIMATIKA) STKIP PGRI Pacitan mengadakan kegiatan “Goes To School” di MTS MA’ARIF 04 SIDOMULYO. Acara ini mengusung tema “Membangun Kreativitas dengan String Art Bersama HIMATIKA” dan dihadiri oleh Wakil Ketua III STKIP PGRI Pacitan, dosen Pendidikan Matematika, serta siswa-siswi MTS MA’ARIF 04 SIDOMULYO.
Acara dimulai pukul 08.14 WIB di Aula MTS MA’ARIF 04 SIDOMULYO dan dibuka oleh Kepala Sekolah MTS MA’ARIF 04 SIDOMULYO. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi diajak membuat string art, sebuah karya seni yang menghubungkan benang dari satu titik ke titik lain pada papan kayu yang sudah dipasangi paku, menggunakan benang sebagai media untuk membentuk pola yang diinginkan. Sebanyak 26 kelompok dengan masing-masing 5-6 siswa mendapat satu papan berpola dan beberapa gulungan benang. Kegiatan ini mengajarkan siswa bahwa string art merupakan penerapan konsep geometri bidang dalam seni, di mana benang yang dihubungkan membentuk garis, sudut, dan bidang datar.
Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari siswa-siswi yang terlihat antusias mengikuti proses pembuatan string art hingga tahap presentasi. Para siswa merasa senang karena mendapatkan pengalaman baru yang menarik terkait matematika. Beberapa siswa juga berbagi kesan mereka.
“Kami sangat senang bisa mengikuti kegiatan yang seru dan menghibur ini. Kami juga mendapatkan pengalaman baru. Pesan kami, semoga kakak-kakak tetap sabar menghadapi siswa-siswi seperti kami yang nakalnya seperti kucing mencuri ikan tetangga,” kata Aprilia Intan Nur Afiani, siswi kelas 8A. Siswa lainnya, Jevian Dwi Saputra dari kelas 9A, juga berkomentar, “Alhamdulillah, acaranya berjalan lancar. Kakak-kakaknya baik dan ramah. Membuat string art sangat menyenangkan. Terima kasih kepada kakak-kakak STKIP yang telah mengajari kami. Kapan-kapan main lagi ke sini ya, Kak.”
Diharapkan, kegiatan “Goes To School” ini dapat memberi manfaat dan inovasi kepada siswa-siswi dalam mengaplikasikan pembelajaran matematika secara menyenangkan, sekaligus mempererat hubungan antara kedua institusi.